Saturday, August 21, 2010

RPP 3 TIK KLS X7 RUMBAI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : MAN 1 PEKANBARU

Mata Pelajaran : TIK

Kelas / Semester : X / 1

Alokasi Waktu : 9 x 45 menit (3 kali pertemuan)


Standar Kompetensi

Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi


Indikator

1. Menjelaskan pengertian dari Teknologi Informasi dan Telekomunikasi

2. Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan untuk Teknologi Informasi beserta fungsinya

3. Mendeskripsikan macam-macam peralatan Teknologi komunikasi beserta fungsinya

4. Mengidentifikasi perkembangan TIK dari jaman ke jaman

5. Mengidentifikasi elemen siklus pemrosesan informasi


Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik dapat memahami tentang maksud dan pengertian Teknologi Informasi dan Telekomunikasi

2. Mengetahui macam perangkat keras Teknologi Informasi dan fungsinya

3. Mengetahui perkembangan TIK

4. Mengetahui elemen siklus pemrosesan informasi


Materi Pembelajaran

Perangkat Teknologi Informasi Komputer


Metoda Pembelajaran

1. Model Pembelajaran : Kooperatif learning

2. Metoda : Diskusi, pencarian informasi


Langkah-langkah kegiatan

a. Kegiatan pendahuluan

Appersepsi / Motivasi

Guru memotivasi siswa agar lebih mengetahui tentang TIK

b. Kegiatan inti

1. Guru menjelaskan pengertian dari Teknologi Informasi dan Komunikasi

2. Guru menjelaskan macam-macam dan fungsi perangkat keras yang digunakan dalam Teknologi Informasi

3. Guru menjelaskan macam-macam dan fungsi perangkat keras yang digunakan dalam Teknologi Komunikasi

4. Siswa mendiskusikan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dari jaman dahulu sampai sekarang

5. Guru menjelaskan pengertian elemen siklus pemrosesan informasi

6. Guru menjelaskan perbedaan input, proses dan output

7. Guru menjelaskan proses kerja komputer dari mulai bilangan biner, bit dan kode ASCII

8. Siswa mencari informasi tentang contoh perangkat input, proses dan output

9. Tanya jawab mengenai macam dan fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi

c. Kegiatan penutup

1. Guru memberikan tugas pekerjaan rumah (PR) kepada siswa mencari informasi seputar kode ASCII, perangkat keras teknologi informasi dan komunikasi serta perangkat TIK yang terbaru.

2. Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi, tanya jawab tentang TIK

Sumber Belajar

1. Buku TIK Kelas X

2. Modul TIK

3. Internet


Penilaian

1. Teknik Penilaian : Tes tertulis

2. Bentuk instrumen : uraian

3. Contoh instrumen :

Contoh uraian

Apa kepanjangan dari ASCII?

Contoh pilihan ganda

Berapa ukuran kode ASCII

a. 8 Bit

b. 2 Byte

c. 1 Nibble

d. 8 Byte

e. 4 Bit


Mengetahui,

Kepala MAN 1 Pekanbaru


Dra. Hj. HAYATIRRUH, M.Ed


Pekanbaru, 12 Juli 2010

Guru Mata Pelajaran TIK


Puspita Sari, S.Kom


No comments:

Post a Comment